milenialnews.web.id merupakan portal yang dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan informasimasyarakat

Search This Blog

Ikan Botia (Bajubang) Kekayaan Sungai Batanghari

IKAN Bajubang ternyata bukan nama yang asing bagi masyarakat Batanghari yang tinggal di sekitar aliran sungai. Ikan itu juga diyakini sudah lama hidup dan berkembang di perairan Sungai Batanghari, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Batanghari.

"Sampai sekarang ikan itu Bajubang itu masih ada di Sungai Batanghari. Badannya kecil dan warnanya bagus,” kata Supri Panigoran, seorang pemerhati sosial dan lingkungan alam yang tinggal dekat aliran Sungai Batanghari, di Kelurahan Teratai, Kecamatan Muara Bulian, Kamis (27/1).

Ia menyebut, selama ini ia dan warga lainnya yang tinggal di Teratai, Muara Singoan, Bajubang Laut, dan beberapa daerah lainnya di pinggiran sungai masih kerap menemukan ikan itu. Terutama pada saat air sungai sedang surut. Ikan itu akan datang ke tepi sungai,” ucapnya.

Berdasarkan pengamatannya selama ini, ikan Bajubang yang sering dilihat warga berukuran kecil. Panjangnya sekitar 5 sentimeter dan besarnya sebesar jempol tangan orang dewasa. Saya kurang tahu apakah masih ada lebih besar lagi atau memang hanya sebesar itu,” ungkapnya.

Ikan Bajubang, sambungnya, memiliki tubuh yang indah. "Biasanya tiga warna, ada putih, hitam, dan kemerah-merahan. Kalau datang ke tepi sungai biasanya langsung kelihatan,” jelasnya.

Ia menyebut ikan Bajubang biasanya datang ke tepi sungai secara bergerombolan. Kadang ikan itu terlihat diantara gerombolan ikan lainnya, seperti gerombolan ikan seluang atau masyarakat menyebutnya ikan mudik.

"Tapi tidak mau bercampur dengan ikan lainnya. Ikan Bajubang biasanya berada di belakang atau disamping gerombolan ikan lainnya,” ungkapnya. Perilaku seperti itu, lanjutnya, selalu terlihat tak kala gerombolan ikan itu bertemu dengan gerombolan ikan lainnya di tepi sungai.

http://jambi.tribunnews.com/2011/01/28/dibalut-tiga-warna

0 Comment for "Ikan Botia (Bajubang) Kekayaan Sungai Batanghari"

Back To Top