milenialnews.web.id merupakan portal yang dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan informasimasyarakat

Search This Blog

Tiap Bulan 100 Hektar Hutan Rertorasi Charles Dibabat

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Suang Sitanggang

PERAMBAHAN hutan di Provinsi Jambi masih terus berlanjut, bahkan semakin parah. Tak terkecuali yang berada dalam wilayah konsesi PT Restorasi Ekosistem Indonesia (Reki), kawasan hutan restorasi yang diresmikan Pangeran Charles pada 2008 lalu, masih menjadi target para perambah.

Isbeihel, Polhut Dinas Kehutanan Batanghari yang turun bersama Tribun melakukan pemantauan di areal restorasi di wilayah Kabupaten Batanghari mengatakan, pihaknya mendapati hutan di areal itu telah dibuka dan dikonversi oleh warga menjadi areal perkebunan.

"Pembukaan hutannya ada yang dengan cara membabat, dan tak jarang juga dengan cara membakar. Umumnya mereka menanam kelapa sawit di areal itu," katanya kepada Tribun, Jumat (4/3).

Berdasarkan data yang diperoleh dari PT Reki, sekitar 100 hektare areal hutan restorasi itu dibabat tiap bulan. Perambahan marak terjadi sejak tahun 2006, tepatnya setelah Asialok yang sebelumnya menjadi pemegang HPH meninggalkannya. Lokasi perambahan berada di beberapa titik.

"Dalam setahun terakhir luas kawasan yang dirambah sudah mulai berkurang dibandingkan tahun 2006-2008. Tapi tetap yang namanya perambahan hutan itu adalah tindakan yang melanggar hukun,” ujar Yusup, petugas Dihut lainnya yang juga ikut melakukan peninjauan di wilayah Kecamatan Bajubang itu.

Link: http://jambi.tribunnews.com/2011/03/07/100-h-hutan-dibabat-perambah-tiap-bulan
Labels: alam, hutan

Thanks for reading Tiap Bulan 100 Hektar Hutan Rertorasi Charles Dibabat. Please share...!

0 Comment for "Tiap Bulan 100 Hektar Hutan Rertorasi Charles Dibabat"

Back To Top